Minggu, 21 Mei 2017

PEMASARAN

PENGERTIAN PEMASARAN
Pemasaranan adalah usaha utuk menyediakan dan menyampaikan barang atau jasa yang tepat kepada orang yang tepat,pada tempat dan waktu serta harga yang tepat,dengan promosi dan komunikasi yang tepat.

KONSEP PEMASARAN DIBANGUN ATAS 3 FONDASI

§  Orientasi pasar / orientasi konsumen
§  Lebih bertujuan untuk keuntungan jangka panjang
§  Ada koordinasi dari kegiatan pemasaran yang lain seperti : harga, promosi, pembungkus,     distribusi, hubungan dengan masyarakat)

KOMPONEN PEMASARAN

§  Produk              : Apa yang dibutuhkan konsumen
§  Price (harga) : Pada tingkat harga berapa konsumen mampu membayar
§  Place (tempat) : Dimana produk tersebut bisa diperoleh konsumen-nya dengan mudah
§  Promosi             : Media promosi apa yang tepat digunakan.


BAURAN PEMASARAN (4P)

§  Product : Barang dan jasa dibuat untuk memuaskan kebutuhan konsumen, misalnya kualitas, merk, penampilan, ukuran kemasan dan jasa purna jual 
§  Price : Harga mungkin akan tergantung pada hukum ekonomi yaitu permintaan dan penawaran. Namun demikian penurunan harga, jangka waktu pembayaran, angsuran komisi dan potongan harga perlu juga dipertimbangkan.
§  Place (distribution) : Saluran yang  digunakan untuk menyampaikan barang dan jasa kepasar.
§  Promotion : Iklan, metode promosi, penyebaran informasi, informasi, penjualan langsung yang digunakan untuk menginformasikan, mempengaruhi dan mengkomunikasikan barang dan jasa

4P yang Digunakan Harus Selaras dengan 4C yang dituntut oleh Konsumen

§  Costomer needs and wants →                                                     Product
(Kebutuhan dan keinginan konsumen)

§  Cost to the costomer                                                                    Price
(Harga yang harus dibayar oleh konsumen)

§  Convenience                                                                                Place
(Kenyamanan)

§  Communication                                                                          Promotion
(Komunikasi)

FAKTOR LINGKUNGAN YANG PERLU DIANALISA DALAM PENYUSUNAN STRATEGI PEMASARAN
v  Keadaan pasar/persaingan.
v  Perkembangan teknologi.
v  Keadaan ekonomi.
v  Peraturan dan kebijaksanaan pemerintah.
v  Keadaan Sosial Budaya.
v  Keadaan Politik.

PRINSIP DALAM PENGEMASAN
§  Melindungi produk dengan aman.
§  Menarik perhatian.
§  Mudah dan praktis jika dibawa.
§  Memiliki informasi yang jelas tentang produk
§  Mengundang minat untuk membeli.
§  Memiliki manfaat lebih jika dikonsumsi.
§  Murah dan praktis.

PENTINGNYA SUATU PRODUK MEMPUNYAI MERK

Dari sisi Konsumen
§  Mempermudah konsumen mengenali produk.
§  Memberikan keyakinan kepada konsumen bahwa mereka membeli produk yang baik.
Dari sisi Produsen
§  Merk merupakan sesuatu yang bisa dijual dan diiklankan.
§  Produk bisa dikenali dengan mudah jika berada dalam rak yang sama dengan produk lain yang sejenis.

HAL-HAL YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN DALAM MEMBUAT MERK

§  Sampaikan manfaat, keuntungan jika menggunakan produk ini
§  Mudah diucapkan, dieja dan diingat
§  Tampil beda
§  Terdaftar

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI  PENENTUAN HARGA

§  Permintaan akan barang.
§  Persediaan barang,
§  Target pasar.
§  Tujuan dari pemasaran.
§  Biaya produk / pembelian bahan baku.
§  Keuntungan tang akan diperoleh.  

SASARAN UTAMA PENENTUAN HARGA
§  Memperoleh kembali investasi yang telah dikeluarkan
§  Memaksimalkan keuntungan
§  Menaikkan penjualan
§  Menjaga peluang pasar yang sudah ada
§  Mengimbangi harga pesaing
§  Media promosi produk

YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PENETAPAN HARGA

§  Biaya produksi
§  Konsumen mau mengeluarkan jumlah uang yang sama untuk produk sejenis
§  Harga dari produk pesaing
§  Kondisi ekonomi (kekuatan dan kemampuan konsumen untuk membeli produk)
§  Harga = Total Biaya + Keuntungan

AKIBAT DARI PENERAPAN PERBUATAN YANG KELIRU DALAM BISNIS
v  Konsumen dirugikan karena kurangnya timbangan atau ukuran.
v  Konsumen sakit/meninggal karena upaya-upaya yang tidak sehat(campuran zat pengawet tertentu pada produk) atau barang sudah kedaluwarsa.
v  Konsumen ditekan dengan harga tinggi.
v  Konsumen dirugikan karena produk yang dibeli palsu.
v  Pengiriman barang tidak tepat waktu, tepat jumlah dan tepat jenis.
v  Lawan bisnis dirugikan karena persaingan bisnis yang tidak sehat.
Dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar